Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Mengatasi Perubahan Format OpenOffice.org - Microsoft Office
diposkan oleh Inoe pada 30 Juni 2010, 00:20 WIB
Hal yang seringkali menjadikan berat bagi kita untuk benar-benar beralih ke Open Source adalah karena ketergantungan kita terhadap aplikasi. Dalam hal ini, office. Kita telanjur merasa bahwa hanya Microsoft Office yang mampu memenuhi kebutuhan kita dalam hal ini, atau lebih tepatnya, kita terperangkap dalam pikiran bahwa format Microsoft Office adalah format baku, di mana aplikasi office yang tidak bisa membuat hal yang bisa dibuat Microsoft Office adalah jelek. Sebenarnya hal itu tidak dapat dibenarkan, karena OpenOffice.org, ataupun aplikasi office lainnya, memiliki format tersendiri di mana mereka dapat mengolah formatnya sendiri dengan baik, tidak kalah dengan bagaimana Microsoft Office mengolah file .docx, .pptx, .xlsx, dan sejenisnya.


OpenOffice.org 3.2

Namun, sekalipun kita menyadari hal ini, seringkali kita terbentur pada masalah bahwa tidak banyak yang menggunakan format OpenOffice.org. Tugas kuliah, misalnya. Berapa banyak teman kita yang menggunakan OpenOffice.org, atau bahkan setidaknya mengenal formatnya? Kita terbentur pada masalah bahwa mereka menggunakan Microsoft Office, sehingga kita tidak bisa begitu saja sharing dan bekerja berkelompok dengan mereka. Dalam bahasan ini, kita tidak perlu mengubah pola pikir yang tersebut di atas. Just deal with it. Kita yang perlu berusaha menemukan solusinya.

Lantas, bagaimana kita menyesuaikan format OpenOffice.org dengan format Microsoft Office?

Langkah 1: Buat Dokumen Seperti Biasa di OpenOffice.org
Ketik seperti biasa dokumen yang ingin kita buat. Save dalam file ODT dan DOC atau DOCX. DOC (Microsoft Word 97/2000/XP) lebih direkomendasikan, karena untuk saat ini, perubahan format dari ODT ke DOC lebih sedikit dibandingkan dengan dari ODT ke DOCX. Akan muncul notifikasi bahwa ada bagian yang tidak dapat disimpan dalam format DOC. Pilih Keep Current Format.


Keep Current Format

Langkah 2: Buka Ulang File DOC dengan OpenOffice.org dan Benahi Perubahannya
Tutup file DOC yang baru saja kita save, lalu buka ulang. Ketika baru saja disimpan (Save As dari ODT), perubahan dari ODT ke DOC tidak terlihat. Untuk melihat pergeseran format ini, kita perlu membuka langsung file DOC yang kita buat. Dari percobaan yang saya lakukan, terjadi pergeseran dalam Bullets and Numbering, dan itu bisa langsung kita sesuaikan ulang di OpenOffice.org Word Processor.


File Awal (ODT)


File Baru (DOC)


Benahi File Baru (DOC)


File Akhir (DOC)

Save file setelah dibenahi. Kita akan kembali dikonfirmasi mengenai penyimpanan file, pilih lagi Keep Current Format.

Langkah 3: Buka Ulang File DOC untuk Memastikan
Untuk memastikan bahwa format kita sudah pas, buka ulang file DOC yang telah kita benahi.

Altenatif

Ada alternatif lain untuk hal ini, yaitu dengan meng-export dokumen yang kita buat ke file .PDF . Ini bisa langsung kita lakukan di OpenOffice.org dari menu File > Export as PDF...



Export as PDF


Pilihan Export ke PDF

Cara ini cukup efektif diterapkan untuk file presentasi. File kita simpan dalam bentuk PDF dan kita presentasikan.
Komentar (3)
diposkan pada 01 Oktober 2010, 17:45 WIB
Aku nemu software yang cocok untuk convert dan hasilnya lumayan bagus. Mungkin bisa kamu tambahkan dalam tips kamu. Cek ini http://katana.oooninja.com/w/odf-converter-integrator/
Inoe
diposkan pada 02 Oktober 2010, 08:52 WIB
Wii.. Mantap d(",)
Makasih, Mas.. Akan saya coba tes-tes dulu :D
Berhasil nge-fix beberapa masalah warna pada .pptx..
Tapi masih perlu banyak pengembangan, sih :D
Versi terakhirnya Juni 2009, ya..
Last activity di forumnya Oktober 2009.
Semoga OpenOffice.org makin mak nyuss ke depannya :)
adri
diposkan pada 20 September 2013, 17:43 WIB
Alternatif lain, kita masih dapat menggunakan Office di Linux dengan suatu perantara bernama Wine Windows Program Loader, jadi kita tetap dapat mnikmati nikmatnya open source linux dengan office yg tidak berganti formatnya. . .

#Salam mahasiswa
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.