Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Mengganti OpenOffice.org dengan LibreOffice
diposkan oleh Inoe pada 24 Februari 2011, 16:14 WIB
LibreOffice, Office Suite baru dari The Document Foundation, yang dibangun berdasarkan OpenOffice.org setelah Oracle mengakuisisi Sun Microsystems Inc., telah merilis versi stable-nya. LibreOffice juga akan dibawakan sebagai Office Suite default Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang akan dirilis April mendatang. Saat ini, secara umum, LibreOffice belum begitu berbeda dari OpenOffice.org walaupun ada penambahan fitur seperti:
- dialogue box baru untuk membuat dan mengatur title pages;
- SVG dan PDF import ke Writer;
- import untuk MS Works documents; dan
- "Experimental" mode, untuk mengetes fitur yang belum disempurnakan.



Splash Screen LibreOffice

Sebenarnya, dari segi fitur dan interface saat ini, kita tidak perlu terburu-buru mengganti OpenOffice dengan LibreOffice. Namun, ada banyak alasan untuk mengganti OpenOffice.org dengan LibreOffice, dan itu tergantung kita masing-masing :)
Saya sendiri memutuskan untuk menginstal LibreOffice karena ada bugs antara OpenOffice.org dan Compiz pada Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx yang mana presentasi yang dijalankan full screen dengan OpenOffice.org Presentation terhalang oleh GNOME panel.

Lalu, bagaimana kita melakukannya? Pastikan kita telah menghapus OpenOffice.org terlebih dahulu. Caranya, dari Synaptic Package Manager, pilih semua package openoffice.org yang terinstal dan tandai dengan Mark for Complete Removal.


Menghapus Package OpenOffice.org

Setelah itu, tambahkan PPA LibreOffice, yaitu ppa:libreoffice/ppa dan reload. Kita tentu sudah akrab bagaimana melakukannya, kan? Jika belum silakan cek tulisan sebelumnya :) Setelah itu, tinggal install package libreoffice. bagi pengguna GNOME, disarankan juga meng-install libreoffice-gnome, agar tampilan LibreOffice terintegrasi dengan baik dengan desktop kita.


Mulai Menggunakan LibreOffice
Komentar (0)
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.