Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Mengenal Unity, Interface Ubuntu 11.10
diposkan oleh Inoe pada 14 Desember 2011, 20:58 WIB
Ubuntu menggunakan Unity sebagai default desktop environment. Di sini, kita tidak akan membahas detail teknis mengenai Unity, tetapi bagaimana kita berinteraksi dengan Ubuntu. Ubuntu membawakan Unity (dengan 3D Acceleration untuk hardware yang mampu menggunakannya) dan Unity 2D (sebagai versi yang dapat berjalan tanpa 3D Acceleration). Karena keduanya tidak begitu berbeda, di sini kita tidak akan membahasnya secara terpisah. Unity interface terdiri dari beberapa komponen:


Ubuntu Desktop
  • Desktop
    Desktop adalah area kerja kita.
  • Menu Bar
    Menu Bar adalah bar yang terletak di bagian atas desktop. Di bagian kiri Menu Bar terdapat nama jendela yang terfokus (atau Desktop jika tidak ada jendela yang terbuka). Jika kita meletakkan cursor di sana, kita dapat mengakses Application Menu milik jendela tersebut. Di bagian kanan, terdapat status indicators, di mana kita bisa mengkases berbagai keperluan tanpa meninggalkan jendela di mana kita bekerja sekarang.
  • Launcher
    Launcher digunakan untuk membuka aplikasi, ataupun bernavigasi di antara aplikasi-aplikasi yang terbuka. Kita bisa memasang aplikasi favorit atau yang sering kita gunakan di Launcher untuk akses lebih cepat. Di bagian atas launcher, terdapat Ubuntu Button. Dari sana, kita bisa meng-akses Dash.
  • Dash
    Dash adalah di mana kita bisa melihat dan mengakses berbagai hal yang ada pada komputer kita maupun dari sumber lain di internet. Dari dash, kita bisa mencari aplikasi, file dan folder, dan musik. Kita bahkan bisa mencari aplikasi yang belum terinstal, ataupun musik yang belum kita miliki untuk dibeli.
Status Indicators


Salah Satu Menu Status Indicator

Dari status indicator, kita bisa mengakses e-mail dan jejaring sosial kita, seperti membaca dan membalas pesan ataupun meng-update status. Kita juga bisa mengatur musik yang sedang kita mainkan ataupun jaringan komputer kita (Wi-Fi, Internet, ataupun Bluetooth).

Menggunakan Launcher

Untuk membuka aplikasi dari Launcher, ada beberapa cara. Pertama, klik pada ikon aplikasi yang ingin kita buka. Mengklik kanan ikon pada launcher akan memberikan beberapa pilihan tergantung pada aplikasi bersangkutan (disebut Quicklist), tetapi terutama adalah kita bisa memilih apakah ingin membuat ikon tersebut tetap terpasang di Launcher (Keep in Launcher) sehingga kita bisa mengaksesnya dengan lebih cepat, atau sebaliknya, melepas aplikasi yang sebelumnya selalu terpasang di Launcher. Cara kedua untuk membuka aplikasi dari Launcher adalah dengan menahan tombol Super (bergambar logo Windows pada kebanyakan keyboard), diikuti angka yang terlihat pada ikon di Launcher saat tombol Super masih tertahan.


Nomor pada Ikon di Launcher, untuk Membuka Aplikasi ataupun Pindah Aplikasi

Untuk pindah dari jendela aplikasi yang satu ke yang lain, klik ikon aplikasi yang diinginkan pada launcher, atau tekan Super+*nomor aplikasi di Launcher*. Jika aplikasi yang sedang kita gunakan memiliki lebih dari 1 jendela yang terbuka, mengklik pada ikonnya akan masuk ke Spread Mode, sehingga kita bisa memilih jendela mana yang ingin kita pilih. Spread Mode juga dapat dilakukan untuk semua jendela di semua workspace, dengan menekan tombol Super+W pada keyboard.


Spread Mode

Untuk membuka jendela aplikasi lebih dari satu, kita bisa menggunakan klik tengah pada mouse (untuk laptop dengan touchpad yang tidak memiliki middle click, kita bisa mengklik kiri dan klik kanan secara bersamaan), atau menekan Super+Shift+*nomor aplikasi di Launcher*.

Menggunakan Dash


Unity Dash

Untuk mengakses Dash, kita dapat mengklik Dash Button (yang berlogo Ubuntu) di Launcher atau memencet tombol Super di keyboard. Kita dapat mengakses aplikasi dan file kita dengan mudah dengan memasukkan keyword di search bar. Dash terbagi ke dalam beberapa kategori yang disebut Lens. Secara default, kita memiliki Application Lens untuk mengakses aplikasi, File Lens untuk mengakses file dan folder, dan Music Lens untuk mengakses koleksi musik ataupun mencari musik untuk dibeli. Ketika menggunakan Lens tertentu, kita akan memiliki pilihan Filter Result untuk menyaring hasil pencarian berdasar kategori yang kita inginkan.

Manajemen Jendela yang Terbuka

Application Menu jendela aplikasi di Ubuntu terletak di Menu Bar. Menu ini hanya akan terlihat jika kita menaruh cursor kita di sana atau menekan Alt pada keyboard. Window controls (tombol close, minimize, dan maximize) pada jendela aplikasi juga akan tersembunyi ketika jendela tersebut kita maximize, dan akan terlihat jika kita menaruh cursor pada Menu Bar yang juga berfungsi sebagai Title Bar.


Window Controls dan Menu untuk Jendela yang Tidak Ter-maximize dan yang Ter-maximize

Unity 2D di Oneiric Ocelot baru mendukung Alt+Tab untuk beralih dari jendela yang satu ke jendela yang lain dalam 1 workspace. Namun, di Unity (3D), untuk beralih dari jendela yang satu ke jendela yang lain menggunakan keyboard, kita bisa menggunakan Alt+Tab (untuk beralih dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain) atau Alt+*tombol di atas tab* (yang pada beberapa keyboard berarti Alt+`, untuk beralih dari jendela yang satu ke jendela yang lain untuk aplikasi yang sama).


Alt+Tab


Alt+`

Untuk memindah jendela dari workspace yang satu ke workspace yang lain, kita bisa melakukannya dari mode Expo (dengan menekan Super+S) lalu menggeser jendela yang kita inginkan menggunakan drag and drop dengan mouse, atau mengklik kanan title bar jendela yang kita inginkan lalu Move to Another Workspace - > *pilih workspace yang diinginkan*.


Mode Expo
Tags: unity
Komentar (1)
diposkan pada 24 November 2013, 13:41 WIB
Ini tulisan yang bagus sekali, Kang. Mohon dijadikan PDF (sertakan URL asli) lalu disebar di grup-grup fesbuk. Saya yakin akan banyak yang unduh. Blog ini bagus sekali memfokuskan diri pada Ubuntu desktop. Jangan berhenti menulis, Kang.
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.