Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Perkembangan Dunia Ubuntu Selama Ubuntu Klik! Hiatus
diposkan oleh Inoe pada 30 Maret 2013, 15:50 WIB
Whew. Benar-benar udah lama banget :D
Karena beberapa hal, di antaranya adalah diblokirnya domain lama Ubuntu Klik! (.co.cc) dari sistem pencarian Google, disusul dengan matinya layanan tersebut, Ubuntu Klik! hiatus lama banget. Padahal, dalam jangka waktu itu, banyak banget hal-hal keren yang terjadi. Untuk itu, dalam rangka munculnya kembali Ubuntu Klik! ke peredaran dengan penggunaan domain baru yaitu .com, mari kita rekap hal-hal tersebut :)

[Oktober 2012] Ubuntu 12.10 Dirilis


Ubuntu 12.10 Desktop

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal dirilis pada 18 Oktober 2012. Versi ini menawarkan beberapa hal baru, di antaranya adalah Web-Apps Integration dan disertakannya item dari Amazon Web Store dalam hasil pencarian di Dash.

Web-Apps Integration ini merupakan langkah untuk menjadikan aplikasi web (web-apps) sebagai first-class citizen di Ubuntu, berdampingan dengan aplikasi native desktop. Dengan fitur ini, kita dapat memperlakukan aplikasi web layaknya aplikasi native, dengan kemampuan menyertakannya di Launcher dan dukungan HUD.



[Januari 2013] Menggemparkan dan Menggembirakan: Ubuntu Phone Diperkenalkan


Ubuntu Phone Product Image (ubuntu.com)

Rencana multi-device Ubuntu pada komputer, smart TV, tablet, dan smartphone memang sudah dikemukakan sejak beberapa saat sebelumnya, diawali dengan diumumkannya interface Ubuntu TV. Ubuntu untuk smartphone sendiri ditargetkan akan mulai dipasarkan pada awal 2014. Karena itu, wajar jika diumumkannya Ubuntu untuk perangkat smartphone pada awal 2013 ini, yaitu 2 Januari 2013, terbilang menggemparkan dan menjadi sorotan banyak situs berita di internet.

Ubuntu untuk perangkat layar sentuh ini memiliki sistem navigasi unik yang memanfaatkan keempat sisi layar. Swipe dari sisi kiri layar akan menampilkan launcher seperti yang kita kenal pada interface desktop Ubuntu. Swipe dari atas digunakan untuk mengakses notification bar, di mana kita bahkan bisa langsung membalas pesan masuk dari sana tanpa harus membuka aplikasi terkait. Swipe dari kanan digunakan seperti fungsi Alt+Tab pada desktop, yaitu berpindah aplikasi ke aplikasi yang kita gunakan sebelumnya. Swipe dari bawah akan menampilkan menu dari aplikasi yang sedang kita gunakan. Sedangkan, swipe penuh dari ujung kiri hingga ujung kanan layar akan membawa kita pada Home Screen di mana kita bisa melihat aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan maupun membuka aplikasi baru, mencari file-file kita, ataupun mencari kontak.

Ubuntu Phone ini pun dipamerkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES), yang berlangsung di Las Vegas pada 8 hingga 11 Januari 2013.

[Februari 2013] Ubuntu Tablet Menyusul


Ubuntu Tablet Product Image (ubuntu.com)

Pada 19 Februari 2013, Ubuntu untuk tablet pun diumumkan, melengkapi strategi multi-device Ubuntu. Ubuntu Touch, begitu Ubuntu untuk perangkat smartphone dan tablet ini disebut, sudah dapat diinstal dan bekerja pada beberapa perangkat Nexus, yaitu Galaxy Nexus, Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10.
Tak lama setelah diumumkannya Ubuntu untuk tablet, developer preview dan SDK untuk Ubuntu Touch dapat kita akses dan kita instal mulai 21 Februari 2013. Kita dapat mencicipi Ubuntu Touch pada perangkat Nexus dan mulai membuat aplikasi untuk Ubuntu Touch. Tentu saja, target dari developer preview ini adalah para developer dan kalangan enthusiast yang memeiliki hardware lebih.

Ubuntu Touch, baik pada perangkat smartphone maupun tablet, dipamerkan pada Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, 25 hingga 28 2013. Kali ini, Ubuntu Touch tidak sekedar menjadi tontonan. Para developer dan enthusiast yang ingin mencicipi Ubuntu Touch akan dibantu instalasinya dengan membawa perangkat Nexus mereka ke stand Ubuntu di acara tersebut. Tidak berhenti di situ saja, Ubuntu Touch berhasil meraih penghargaan Best of MWC dari CNET pada ajang ini.

Walaupun secara resmi baru mendukung perangkat Nexus, dengan segera kalangan pengembang berhasil menjalankannya di beberapa perangkat lain, dan kegiatan tersebut masih berlangsung hingga sekarang. Perkembangan tersebut dapat kita ikuti di https://wiki.ubuntu.com/Touch/Devices.

Salto Sambil Bilang "WOW" Saja Nggak Cukup!

Nah, nendang banget, kan? Susah, deh buat sabar menanti datangnya smartphone dan tablet dengan sistem operasi Ubuntu ke pasaran.

OS Ubuntu untuk perangkat mobile ini direncanakan akan benar-benar siap pada Oktober 2013, yaitu pada rilis Ubuntu 13.10. Sementara, device-nya sendiri baru akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2014. Mari kita tunggu :)
Komentar (0)
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.