Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Rilis Ubuntu 13.10 untuk Desktop, Server, Cloud, dan Smartphone!
diposkan oleh Inoe pada 23 Oktober 2013, 23:24 WIB
17 Oktober ini menandai rilis versi terbaru Ubuntu, 13.10, dengan codename Saucy Salamander. Tidak hanya desktop, server, dan cloud, rilis Kali ini bersamaan juga dengan hadirnya versi 1.0 untuk Ubuntu Touch, versi perangkat mobile (tablet & smartphone) dari Ubuntu.

Desktop


Ubuntu 13.10 Desktop

Ubuntu 13.10 menghadirkan performa yang lebih baik dari sebelumnya. Unity interface dan sistem secara keseluruhan bekarja semakin responsif. Busy cursor yang sempat hilang selama beberapa rilis telah kembali, sehingga pengguna mendapatkan feedback ketika membuka aplikasi atau file.

Jika dilihat dari yang kasat mata saja, tidak begitu banyak perubahan pada versi ini dibandingkan versi 13.04. Yang paling menonjol adalah ditambahkannya Smart Scopes pada Dash, yang memungkinkan kita mendapatkan hasil pencarian dari berbagai sumber ketika memasukkan keyword di Dash. Dengan Smart Scopes, hasil pencarian tidak terbatas pada file lokal yang tersimpan di komputer kita, tetapi juga berbagai sumber online seperti Wikipedia, Amazon, Sondcloud, dan sumber-sumber lainnya. Smart Scopes memiliki kemampuan untuk mempelajari kebiasaan kita, sehingga seiring dengan penggunaan kita, Dash akan menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan.


Pencarian melalui Dash


Preview Hasil Pencarian melalui Dash

Berbeda dengan versi 13.04 yang mana untuk mematikan hasil pencarian online dari Amazon kita perlu melakukannya melalui Privacy Settings sehingga juga akan mematikan seluruh sistem pencarian online pada Dash (seperti pesan-pesan media sosial), Ubuntu 13.10 telah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk men-disable sumber pencarian yang tidak diinginkan satu demi satu langsung dari Dash.


Men-disable Dash Plugin: Pilih Plugin yang Diinginkan


Men-disable Dash Plugin: Klik Disable

Untuk melakukannya, pilih Application Lense dari Dash. Dari kategori Dash plugins, pilih plugin yang dikehendaki, lalu klik Disable. Dari sini, kita bisa mengatur hasil dari mana saja yang akan ditampilkan ketika melakukan pencarian melalui Dash.


Smartphone


Ubuntu Phone Product Image (ubuntu.com)

Sejauh ini, untuk keperluan pengembangan Ubuntu Touch, secara resmi ada 4 perangkat yang di-support, yaitu smartphone Samsung Galaxy Nexus (GT-i9250, codename maguro), smartphone LG Nexus 4 (mako), tablet Asus Nexus 7 (grouper), dan tablet Samsung Nexus 10 (manta). Rilis Ubuntu Touch 1.0 ini difokuskan pada perangkat smartphone (Galaxy Nexus dan Nexus 4), dan dikhususkan bagi para developer dan partner industri. Jadi, walaupun kita bebas mencoba Ubuntu Touch pada perangkat kita, perlu dicatat bahwa versi 1.0 ini bukan dieruntukkan bagi end users.

Entri ini tidak memiliki tag.
Komentar (0)
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.